Mengatasi Sifat Impulsif Saat Belanja Online

  • Kemajuan yang ada dalam dunia teknologi informasi sudah membawa banyak perubahan dalam kehidupan, salah satunya saat berbelanja. Bila bertahun-tahun lalu belanja identik dengan mall atau supermarket konvensional, maka saat ini aktivitas satu ini sudah berubah dan lebih banyak dilakukan online.


    Tidak cuma mudah, belanja online juga membuat Anda hemat banyak waktu dan tenaga, sebab tidak harus pergi dari rumah. Anda tidak lagi direpotkan dengan membawa banyak barang belanjaan, sebab dengan belanja online semua barang belanjaan langsung datang ke rumah. Mudah dan sangat nyaman bukan? Tetapi dari semua kemudahan ini, bagaimana soal anggarannya? Apakah telah terencana dengan baik pada dalam keuangan Anda?


    Perhatikan Kondisi Keuangan



    Tidak dipungkiri, bila fenomena belanja online membuat sebagian orang kalap, tidak dapat mengatur keinginan belanja mereka. Ada berbagai toko online yang dapat dikunjungi kapanpun dan di mana saja, sehingga lebih mudah menemukan barang yang diperlukan atau sebaliknya.


    Hal ini tentu menimbulkan sifat impulsif, yang mana Anda justru sering belanja tanpa rencana dan menghabiskan banyak uang untuk berbagai produk yang pada dasarnya tidak dibutuhkan. Perilaku belanja spontan ini umumnya terjadi dengan cepat, penuh gairah, dan menyenangkan tanpa adanya pertimbangan matang.


    Banyak produk akan segera masuk ke keranjang belanja dan beberapa hari setelahnya tiba di rumah. Lalu, setelahnya Anda menyesal melakukan pembelian ini atau bahkan tidak menyadarinya, walau telah memboroskan anggaran yang tidak penting untuk diadakan dalam rencana keuangan.


    Atasi Sifat Impulsif dengan Cara Tepat


    Sifat impulsif ketika belanja online bisa menjadi masalah serius dalam keuangan, khususnya bila Anda tidak lagi sanggup mengerem keinginan belanja dengan baik. Pada mulanya hal ini mungkin terasa menyenangkan dan tanpa disadari dalam kehidupan Anda, sehingga bisa saja jadi sebuah kebiasaan buruk yang tumbuh dan susah untuk dihilangkan.


    Bila tidak diatasi dengan langkah tepat, sifat seperti ini bisa mengganggu keuangan dan dapat menghadirkan berbagai masalah dalam kehidupan Anda secara keseluruhan. Maka dari itu, simak beberapa cara tepat untuk mengurangi sifat impulsif belanja online di bawah ini, supaya keuangan tidak jebol karenanya.


    - Rencanakan Keuangan dengan Tepat


    Rencanakan aktifitas belanja dengan baik merupakan langkah yang sangat tepat agar mengatasi sifat impulsif saat belanja online. Apapun yang ingin Anda beli, tentu saja hal ini wajib disesuaikan dengan kondisi keuangan.


    Jangan sampai Anda beli berbagai barang di luar kesanggupan keuangan Anda, bahkan walau barang-barang tersebut Anda perlukan. Sangat penting untuk selalu berhitung dan mempunyai anggaran belanja yang jelas, sehingga pengeluaran yang hadir akibat aktifitas belanja online seslau dapat dipertanggungjawabkan dalam keuangan.


    Belanja di luar anggaran dapat menjadi musibah dalam keuangan, khususnya bila berbagai barang yang dibeli tidak merupakan barang yang benar-benar diperlukan. Sangat penting untuk selalu mempunyai anggaran belanja yang jelas dalam keuangan dan juga memakainya sesuai kebutuhan.


    - Buat Daftar Belanja


    Daftar belanja jadi salah satu cara untuk menghindari banyak pembelanjaan yang tidak perlu. Mengunjungi website belanja tanpa rencana dan daftar belanja, bisa membuat Anda mengalami “kecelakaan”, di mana Anda beli berbagai barang tanpa rencana dan pertimbangan matang. Sangat penting menghindari hal seperti ini, sebab dapat menimbulkan pemborosan. Selalu luangkan waktu membuat daftar belanjaan, sehingga Anda dapat menuliskannya dengan tenang tanpa terburu-buru.


    Belanja Saat Ada Promo Ulang Tahun



    Diskon dan beragam penawaran khusus adalah godaan terberat saat sedang belanja online. Hal ini juga dapat jadi penyebab sifat impulsif saat berbelanja. Penting untuk mengerti dengan baik tujuan awal saat belanja, sehingga berbagai godaan seperti ini tidak jadi masalah lagi untuk Anda. Tidak harus mengunjungi semua toko online dan mencari banyak macam penawaran menarik di sana.


    Sebab bila tidak kuat menahan rayuan diskon, maka hal ini justru dapat membuat Anda terpancing untuk belanja dengan kalap tanpa mempertimbangkan keperluan awal. Anda bisa belanja dengan memanfaatkan momen ulang tahun pada situs belanja online. Umumnya situs e-commerce yang berulang tahun mengadakan promo ulang tahun. Saat ada tanggal cantik juga Anda bisa mendapatkan diskon yang besar, seperti pada promo 10.10, promo 11.11 & promo 12.12.


    Bijak Saat Belanja Online


    Sikap impulsif belanja online bisa menjadi kebiasaan buruk yang mengeluarkan banyak uang tentunya. Hindari hal ini melalui langkah yang tepat, supaya berbagai masalah keuangan tidak timbul di kemudian hari. Bersikap bijaklah ketika berbelanja, maka bisa menghindarkan Anda dari masalah satu ini. Selektif dalam memilih belanjaan juga menjadi hal yang sangat penting. Ingat untuk selalu memiliki dana darurat agar dapat menghadapi masalah darurat yang bisa timbul sewaktu-waktu.

19 views