4 Perawatan Wajib Sepeda Listrik

  • Ada banyak jenis sarana transportasi yang sekarang ini sudah berbasis teknologi, artinya dengan adanya mesin yang disisipkan di dalamnya membuat masyarakat tak perlu capek-capek mengendarainya, contohnya sendiri adalah sepeda. Dulunya transportasi roda dua yang satu ini memang hanya bisa digunakan dengan dikayuh manual, namun sekarang ini tidak lagi, sudah banyak hadir sepeda listrik, sepeda model biasa yang dilengkapi dengan mesin di bagian dalamnya untuk mempermudah penggunaan.

    Sarana transportasi tersebut agaknya cukup populer di kalangan anak-anak bahkan juga orang dewasa saat ini, apalagi yang memang memiliki hobby dalam bersepeda. Sekarang ini mereka tetap bisa melakukan olahraga tersebut, namun tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak energi. Meskipun di satu sisi model sepeda yang satu ini bisa digunakan dengan mengandalkan tenaga listrik, namun juga tidak bisa dipungkiri jika seandainya kemampuannya tetap hybrid, yaitu juga tetap bisa dikendarai secara manual. Jadi untuk mereka yang tetap menginginkan manfaat sebenarnya dari olahraga bersepeda tentunya masih bisa mendapatkannya.

    Di samping dari segi penggunaan dan juga model, maka ada beberapa hal lainnya yang turut membedakan antara model sepeda manual dengan berbasis tenaga listrik ini, salah satu diantaranya adalah dari segi perawatannya, faktanya merawat sepeda berbasis tenaga listrik ini memang jauh lebih sulit dibandingkan dengan sepeda manual biasa, berikut ini yang harus diketahui:

    Sebaiknya hindarkan air dari bagian mesin sepeda tersebut, boleh-boleh saja mencucinya, namun hati-hati pada beberapa macam komponen, salah satu diantaranya adalah bagian mesin, karena bukan mesin motor layaknya kendaraan roda empat maupun sepeda motor, maka lebih rentan kerusakan jika terkena air, untuk itu lebih dianjurkan mengelapnya dengan kain kering untuk membuat kendaraan tersebut tetap bersih.
    Pastikan untuk melakukan charger dengan tepat, ada baterai disertai dengan kapasitas untuk diisi ketika ingin menggunakan model otomatis, cara untuk chargernya juga harus diperhatikan agar tidak salah, hendaknya langsung diisi saat baterai sudah mulai habis, namun jangan sampai habis, isi langsung secara full jangan setengah-setengah, gunakan aliran listrik yang stabil.
    Simpan di tempat yang tepat, penyimpanan sepeda ini hendaknya dilakukan di tempat yang bersih dan tidak lembab.
    Hanya gunakan di tempat yang dianjurkan, diantaranya adalah medan yang on road atau yang kondisi jalannya bagus, bukan yang offroad.

    Pastikan bagi Anda untuk merawat sepeda listrik ini dengan tepat, apalagi dari segi harganya di pasaran juga tergolong cukup mahal dibandingkan dengan jenis sepeda biasa. Jika terjadi masalah hendaknya juga langsung dilakukan service ke tempat yang tepat, sekarang ini sudah banyak teknisi yang bisa memperbaiki jenis sepeda yang satu ini.

94 views